Apa itu ioT

ioT Merupakan kependekan atau akronim dari Internet of Things. Kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, Internet of Things berarti juga Internet untuk segala. Dalam hal ini, internet of Things yang dimaksud adalah proses controlling dan Monitoring apapun memalui Internet, sehingga control dan monitoring bisa dilakukan secara Remote tanpa harus melakukan kunjungan onsite.

Applikasi ioT


1. SmartHome

Bagi yang belum pernah mendengar istilah ioT, mungkin sering ya kalo denger istilah Smart Home. Applikasi smarthome ini merupakan applikasi atau penerapan System Rumah Cerdas. Dimana semua perangkat yang ada di rumah baik itu akses pintu, CCTV/kamera, Lampu, TV, AC dan semua perangkat yang ada di rumah bisa dimonitor dari manapun selama ada koneksi internet. Dengan smarthome, pemilik rumah bisa menyalakan atau mematikan peralatan rumah hanya melalui Handphone. Pemilik rumah juga bisa memantau kondisi rumah melalui CCTV yang terhubung ke handphone.  Suhu ruangan dalam rumahpun bisa dicek melalui handphone. Bahkan proses pemberian pakan binatang peliharaan juga bisa dicontrol melalui handphone. Asik bukan?

2. System Control dan Automatisasi

Selain Smarthome, ioT juga bisa diterapkan untuk menunjang system industri yang membutuhkan Control dan automatisasi. Kita bisa memasang beberapa sensor yang dibutuhkan dan memprosesnya dalam board ioT untuk diambil keputusan sehingga tercipta sebuah system otomatisasi yang mampu mengambil keputusan dari beberapa input sensor yang diolah. Contoh system control dan automatisasi yang bisa dibuat dalama dunia industri misalnya dalam pengontrolan dan pemrograman arm robot dalam industri manufactur

Was this answer helpful?

 Print Artikel ini